Senin, 12 Maret 2012

Badai Matahari 2012

 Salam pemirsa, sudah lama ya saya tidak menulis disini. Mohon maklum saya juga banyak urusan di sekolah. Oke biasanya yang saya tulis tentang hal-hal yang berbau islami gitu dech. Tapi kali ini saya mau menulis artikel tentang 2012 yang kata nya akan kiamat oleh suku maya, tapi jangan langsung percaya pemirsa. Karena Tuhan Yang Maha Esa (saya gunakan itu karena tidak mau memilih-milih agama lain) mengatakan bahwa manusia tidak akan bisa mengetahui kapan pastinya kiamat itu terjadi. Tuhan hanya memberikan kita kisi-kisi nya saja seperti banyak wanita, terus manusia lebih buas dari pada binatang dll.

Ternyata setelah di periksa oleh para pakar ahli antariksa, 2012 itu terjadi badai matahari saja dan  bukan kiamat. Kemarin pada tanggal 9 Maret 2012 tepatnya hari Juma'at bumi telah di hantam oleh badai matahari. Yang berasal dari dua ledakan matahari terbesar dalam setengah tahun terakhir. Ledakan yang kuat dan intensif ini disebabkan karena semakin dekatnya puncak aktivitas matahari. Dua ledakan yang saling susul menyusul ini dari daerah bermedan magnetif aktif yang disebut AR1429. Ledakan matahari yang pertama terjadi pada hari Rabu tanggal 7 Maret 2012 sekitar pukul 07.00 WIB, dan dikategorikan sebagai ledakan kelas X5. Hanya kalah di bandingkan dengan ledakan kelas X6 yang terjadi Agustus 2011. Ledakan susulan terjadi satu jam kemudian dengan kekuatan lima kali lebih kecil. Karenanya, ledakan kedua ini dikategorikan sebagai ledakan kelas X1.

Ngomong-ngomong tentang Badai Matahari, bukan maksudnya terus matahari berputar-putar terus bukan. Badai matahari adalah ledakan yang terjadi akibat arus pendek pada benang-benang magnetik matahari. Bintik hitam yang ada di permukaan matahari merupakan lokasi tumbuhnya benang magnetik yang sewaktu-waktu berpotensi terputus, menghasilkan ledakan, dan menghamburkan partikel bermuatan dari atmosfer matahari ke tepian tata surya.

Arus pendek di permukaan matahari semakin sering terjadi menjelang tahun 2013. Hal ini sesuai dengan siklus 11 tahunan aktivitas matahari. Puncak siklus kali ini diperkirakan terjadi pada akhir tahun 2013. Menurut peneliti peneliti dari lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat, Karen C. Fox, dalam siaran pers, Kamis, 8 Maret 2012 "Peningkatan badai bagian dari rutinitas matahari,". Badai ini diperkirakan akan memberikan ancaman tingkat menengah.

Partikel bermuatan akan menghantam tameng magnetik Bumi pada kecepatan 1.800-2.000 kilometer per detik. Hantaman ini hanya membuat tameng magnetik penyok di beberapa lokasi, namun tidak sampai hancur. Oleh tameng magnetik, partikel di belokan ke Kutub Utara dan Selatan. Di wilayah sana, partikel di bakar oleh atmosfer sehingga menghasilkan cahaya terang yang dapat disaksikan dari Bumi sebagai aurora (makanya itu di Kutub akhir-akhir ini lagi indah-indahnya).

Badai matahari juga dapat mengganggu pekerjaan saluran listrik di bumi, partikel bermuatan penyusun badai menginduksi pembangkit listrik.

Nah sudah tahu kan tentang badai matahari, kalau belum tahu silahakan berkomentar di bawah ini / di fb / di twitter. Oke Bro...............
Sampai jumpa di lain waktu









0 comments:

Posting Komentar

 
;